Header Ads

Seo Services

Unsur-unsur Karya Seni Rupa


Membahas dan mengapresiasi sebuah karya seni atau seni rupa tidak lepas dari dua hal penting, yaitu unsur seni rupa dan prinsip dasar seni rupa. Seni rupa merupakan salah satu cabang seni yang hasil karyanya bisa dinikmati dengan indera penglihatan dan perabaan.

Karya seni rupa atau yang disebut juga dengan visual art, merupakan karya seni yang bisa dilihat, mempunyai bentuk atau wujud nyata.

Dari pengertian itu karya seni rupa mempunya unsur unsur yang membentuknya, sesederhananya bentuk karya seni tersebut pastilah mempunya unsur pembentuk yang biasa disebut dengan unsur unsur seni rupa.

Berikut ini unsur-unsur pembentuk karya seni rupa dan penjelasannya :

1. Titik 
Unsur karya seni rupa yang paling mendasar adalah titik, karena titik mempunya peran penting dalam membuat suatu bentuk apapun dalam seni rupa, Titik adalah sebuah bintik yang ada pada seni rupa.
Kompasiana.com

2. Garis
Internationaldesignschool.com

Garis adalah goresan atau batas dari suatu benda, ruang, bidang, warna, tekstur dan lain sebagainya.
garis sendiri adalah gabungan dari beberapa titik dan biasanya memiliki dimensi yang memanjang dan cenderung mempunyai arah tertentu, garis memiliki beberapa sifat antara lain  seperti panjang, pendek, horizontal, vertikal, tipis, lurus, berombak, melengkung, tebal, patah-patah, miring, halus dan banyak lagi yang lainnya.
3. Bidang
 
tinycard-duolingo.com

Bidang dalam seni rupa adalah gabungan dari beberapa garis, Bidang paling sedikitnya memiliki 3 elemen garis, sedangkan salau dilihat dari bentuknya, bidang terdiri dari berbagai macam, diantaranya yaitu bidang geometris, bidang biomorfosis, bidang tidak beraturan dan bidang bersudut.
4. Bentuk
 
ilmunesia.com

Berdasarkan pengertian bahasa, bentuk bisa diartikan sebagai bangun (shape) atau bentuk plastis (form). Bangun merupakan suatu bentuk yang polos, seperti apa yang dilihat oleh mata dan hanya sekedar melihat sifatnya, bidang tidak hanya bisa digunakan di seni rupa 2D tetapi kini banyak digunakan di berbagai Software Desain Vector
5. Tekstur 
bisapinter.com

Tekstur merupakan sifat suatu permukaan sebuah benda, tekstur terbagi menjadi 2 macam yaitu Tekstur nyata dan semu, Nyata artinya dapat disentuh dan diraba permukaanya sedangkan semua hanya bisa dilihat saja.

demikianlah unsur unsur yang ada dalam seni rupa 2 dimensi semoga bermanfaat untuk kita semua
Teria Kasih :)

Tidak ada komentar